TIPS CARA MASUKAN ELECTRONIC MAIL

GUSHER
TIPS CARA MASUKAN ELECTRONIC MAIL
Berita dan informasi Citizen6 dapat dikirimkan dalam segala bentuk dan ukuran untuk tipe teks, foto, dan video melalui electronic mail (e-mail) ke: citizen6@liputan6.com.
Caranya:
1. Masukkan alamat citizen6@liputan6.com ke tujuan.
2. Masukkan subject: Tuliskan kata kunci berita Anda, misal: Demo Buruh
3. Isi e-mail:
o Untuk berita dan informasi teks, silakan lengkapi dengan judul, badan berita, dan nama penulis. Contoh:
 To: citizen6@liputan6.com
 Subject: Kemacetan Mampang
 Isi: Kemacetan Luar Biasa di Mampang
Pada Jumat (5/2) ini, para pengguna jalur lalu lintas yang melintasi perempatan Mampang, Jakarta Selatan, dijamin bakal stres berat. Pasalnya, terhitung sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul lima sore, ruas jalan raya yang bersumbu di kawasan tersebut tersendat dari empat penjuru. Para pengguna jalan raya sebaiknya menghindari wilayah ini bila tak ingin terjebak kemacetan yang terus mengular.

Arus lalu lintas di ruas jalan dari arah Cawang, Jakarta Timur menuju Slipi, Jakarta Barat, tak bergerak sama sekali. Kondisi yang sama pun terjadi dari arah Kuningan, Jaksel menuju Warung Buncit, dan arus sebaliknya. Kondisi lumayan sedikit bergerak terlihat dari arus kendaraan dari arah Slipi menuju Cawang.

Menurut petugas dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Komisaris Besar Polisi Johny Bumbum, penumpukan arus kendaraan terjadi lantaran ada perbaikan di setiap ruas jalan di keempat jalur. Selain itu, hujan yang mengguyur sejak siang membuat pengguna roda dua berteduh di bahu jalan dan membuat pergerakan laju kendaraan terganggu. “Kacau benar semua. Kacau!” kata Johny berapi-api.

Penulis: Harli Suharli Marhali
o Untuk berita dan informasi foto, dilengkapi dengan judul dan keterangan foto serta nama pemotret. Contoh:
 To: citizen6@liputan6.com
 Subject: Kebakaran Pasar Subang
 Isi: Pasar Inpres Subang Dilalap Si Jago Merah
Sedikitnya 50 kios dan toko kelontong di Pasar Inpres Pagaden, Subang, Jawa Barat, ludes terbakar, Senin (7/2) pagi. Penyebab kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik dari sebuah kios. Untunglah tak ada korban jiwa kendati kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Harli Suharli Marhali)
 Attachment: foto

o Untuk berita dan informasi video pun dilengkapi judul dan teks plus nama cameramen pembuat berita. Contoh:
 To: citizen6@liputan6.com
 Subject: Kebakaran Pasar Subang
 Isi: Pasar Inpres Subang Dilalap Si Jago Merah
Sedikitnya 50 kios dan toko kelontong di Pasar Inpres Pagaden, Subang, Jawa Barat, ludes terbakar, Senin (7/2) pagi. Penyebab kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik dari sebuah kios. Untunglah tak ada korban jiwa kendati kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Harli Suharli Marhali)
 Attachment: video
Kesempurnaan berita dan informasi adalah sebuah sajian yang selalu diidamkan setiap pewarta. Berbekal dari berbagai masukan, berikut adalah racikan bumbu yang acap dipakai untuk membuat sebuah berita yang baik:
• 5 W + 1H, yang pertama dan utama, Anda membutuhkan semua unsur dasar What, Who, Where, When, Why dan How dari sebuah berita dan informasi. Yakni Apa, Siapa, Di Mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana. Semuanya haruslah benar dan berimbang untuk dijadikan materi berita dan informasi.
• Apa adalah materi yang akan dibuat menjadi berita dan informasi. Cakupannya bisa meliputi apapun yang ada di sekitar Anda, yang menarik perhatian Anda, dan Anda meyakini bahwa berita dan informasi yang dibuat layak diketahui orang lain.
• Siapa adalah tokoh dengan karakternya yang menjadi bagian dalam materi berita dan informasi Anda. Sosok sang tokoh haruslah jelas secara profil: nama, jenis kelamin, usia, peran dalam kisah Anda. Dikenal maupun tidak sang tokoh, tugas Anda adalah membeberkan keberadaan tokoh tersebut.
• Di mana, adalah bagian penting dari materi berita dan informasi Anda. Data lokasi peristiwa yang dijadikan adalah unsur penting kedekatan antara berita dan penyimak informasi Anda.
• Unsur Kapan turut menjadi patokan utama aktualitas berita dan informasi Anda saat diterima khalayak. Waktu kejadian peristiwa yang diceritakan menentukan kecepatan berita dan informasi disampaikan kepada publik.
• Mengapa juga menjadi syarat yang tak boleh terlupakan. Sebab unsur mengapa membeberkan kronologi sebab akibat dari peristiwa dalam berita dan informasi Anda.
• Konsep Bagaimana membantu pewarta buat menyampaikan berita dan informasi mengenai proses sekaligus kronologi peristiwa.
• Berita dan informasi Anda harus berisi peristiwa dan manusia yang saling berhubungan di dalamnya, atau materi Anda bisa jadi tak berarti. Adalah tugas Anda sebagai si penutur berita dan menyampaikannya kepada publik tentang pentingnya hubungan tersebut.
• Berita dan informasi haruslah disampaikan dalam bentuk yang lazim digunakan dan dimengerti semua orang. Termasuk di antaranya, penggunaan bahasa.
• Kronologis dan berkesinambungan dalam kreativitas materi. Hubungan sebab akibat secara logis adalah patokan utama saat bertutur dalam cerita. Kekuatan narasi, kutipan, dan suara amat berperan penting dalam materi berita dan informasi berbentuk video.
• Nyata. Emosi adalah satu kekuatan koneksi yang nyata-nyata kuat di antara berita atau informasi yang Anda buat dan penyimaknya. Gambar, suara, dan kata-kata bisa dibentuk untuk mengekspresikan beragam emosi dari cerita dan karakter manusia dalam berita.
• Pemetaan sudut pandang. Dalam proses pembuatan materi berita dan informasi, sebaiknya Anda menyusun kerangka materi dari rincian struktur berita sebelum materi tulisan atau grafis dikerjakan dari yang paling utama hingga ke bagian pelengkap. Dengan strategi ini, tak akan ada kesulitan membeberkan berita dan informasi ala Anda secara detail, lengkap, dan terarah.
• Akurasi adalah kewajiban yang tak boleh terjadi bila Anda menginginkan sebuah berita dan informasi yang informatif dan lengkap.
• Tanpa opini. Kemas paket materi berita dan informasi Anda secara apa adanya. Jangan mencampurbaurkan pendapat atau opini terhadap peristiwa yang dijadikan materi berita dan informasi Anda.
• Deskripsi. Pengungkapan data sebagai keterangan yang lebih mendetail amat membantu publik untuk menggambarkan peristiwa yang tengah menjadi pokok berita dan informasi Anda. Khususnya, bila berita dan informasi Anda tidak disertai grafis berupa foto atau video.
• Perekam peristiwa. Penggunaan alat bantu sebagai media perekam peristiwa tidak harus sesempurna dengan kemampuan karakteristik yang lazim digunakan media massa. Saat ini, sebagian telepon selular pun bisa dipakai sebagai perekam kejadian dalam format foto maupun video. Dengan keterbatasan kemampuan alat itu, sebaiknya Anda: mendekati obyek yang akan direkam, mengantisipasi kondisi penerangan terhadap kualitas obyek, menjaga kestabilan foto atau video dari guncangan saat merekam, serta hindari pergerakan video yang terlalu cepat, terkecuali untuk penekanan situasi dan kondisi peristiwa.
Kontak Kami
Email : redaksi@sctv.co.id atau liputan6@sctv.co.id Faximile : 021 – 7278 2055,
Telepon : 021 – 2793 5555 Ekstensi 1211 – 1216,
SMS : ketik komentar Komentar Anda, Kirim ke 7266
lain-lain : kirim komentar di http://blog.liputan6.com, kirim surat pembaca di http://www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: